-->

Mengenal 5 Karakter Velvet

Mengenal 5 Karakter Velvet

Mengenal 5 Karakter Velvet

Mengenal 5 Karakter Velvet
Bahan velvet atau beludru memang terlihat mewah dan glamor karena karakter permukaannya yang berbulu halus. Berikut ada 5 karakter velvet yang perlu kita kenali.

Jenis Velvet

Pada umumnya bahan dasar velvet ialah katun dan sutra. Kemudian dikembangkan lagi ke bahan-bahan lainnya, seperti viscose dan polyester. Velvet pun bisa dibuat di atas bahan yang mengandung karet atau stretch karena semakin canggihnya alat. Stretch velvet ini dapat mengikuti lekuk bentuk tubuh sehingga nyaris sempurna. Banyak busana-busana mewah dan kebaya memakai bahan stretch velvet supaya terlihat seksi karena velvet bisa mengikuti bentuk tubuh.

Lebih Tebal, Lebih Mahal

Lebih banyak helai benang yang dipakai akan menciptakan velvet yang tebal sehingga akan menambah tinggi harga jualnya. Terlebih lagi bila ada aplikasi di atasnya seperti brokat atau bordir, harganya akan bertambah mahal.

Simpel, namun Glamor

Bahan velvet tak hanya tebal, namun ada juga yang tipis. Velvet tipis lebih mudah dijahitnya dibandingkan dengan yang tebal. Terlebih lagi bila kita ingin membuat busana pesta dan kebaya. Lekuk tubuh dapat terlihat jelas dan membuat kita tampak seksi bila memakai stretch velvet.

Dari Sutra ke Rayon

Awal pertama kali velvet muncul terbuat dari serat sutra. Namun pada saat persediaan serat sutra menipis, maka para pemintal mulai beralih ke serat-serat lain yang gampang didapat, seperti rayon dan katun (14% - 18% sutra dan sisanya rayon). Sementara velvet yang 100% sutra telah sulit untuk ditemukan. Walaupun ada pasti sangat mahal harganya.

Embossed Velvet

Motif-motif bahan velvet sudah beragam, ada yang garis-garis hingga kotak-kotak. Ada juga yang di-embossed dengan motif-motif yang berulir seperti motif kerajaan. Bila kita memakai velvet dengan motif embossed berulir-ulir untuk busana kebaya atau pesta, kita bisa menambahkan sedikit saja manik-manik sebagai pelengkap kemewahannya.

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments