-->

Cara Merawat Jaket Kulit

Cara Merawat Jaket Kulit

Cara Merawat Jaket Kulit

Cara Merawat Jaket Kulit
Penampilan yang trendy dan sporty bisa kita dapatkan saat mengenakan jaket kulit di berbagai kegiatan. Kesan sporty dari jaket kulit bisa dipadupadankan dengan celana jeans atau hotpants. Selain itu, jaket kulit juga dapat dipadupadankan dengan skirt, mini dress atau sack dress.

Jaket kulit yang jarang dirawat akan membuatnya terlihat kusam, warnanya memudar, jamuran, dan retak-retak. Harga jaket kulit ini tergolong mahal, jadi sayang sekali jika kita tidak mearwatnya dengan baik. Jaket kulit yang sudah berwarna pudar akan membuat penampilan keren kita menjadi berkurang.

Sebelum merawat jaket kulit secara tepat, ada baiknya kita mengetahui jenis jaket kulit terlebih dahulu agar kita bisa merawatnya dengan tepat. Jaket kulit itu terbagi menjadi dua jenis yaitu jaket kulit sintetik dan jaket kulit asli.

Jaket kulit sintetik adalah jaket buatan pabrik yang bisa dibuat dengan motif buaya, kadal, dan ular. Jaket kulit sintetik ini mudah didapatkan dengan membeli bahan meteran.

Jaket kulit asli adalah jaket yang diambil dari kulit hewan seperti ular, buaya, atau kadal dengan harga yang mahal karena harga jaket kulit asli dihitung dari per ekor binatang yang digunakan. Jaket kulit asli ini beraroma lebih menyengat dibandingkan jaket kulit sintetik.

Jaket kulit asli ini sangat awet untuk pemakaian jangka panjang walaupun perawatannya lebih rumit. Sedangkan perawatan jaket kulit sintetik tidaklah terlalu sulit, namun mudah rusak. Oleh karena itu, jaket kulit sintetik juga perlu dirawat supaya dapat digunakan dalam jangka panjang.

Perawatan jaket kulit harus disesuaikan dengan jenis jaket kulitnya. Jaket kulit asli, sebaiknya dicuci di tempat pencucian khusus yang mempunyai cairan kimia khusus untuk kulit, kemudian pilih cara mencuci dry clean.

Sementara, untuk cara tradisonalnya bila jaket kulit Anda terkena noda, maka sebaiknya segera tuangkan minyak kayu putih atau baby oil pada tisu atau lap yang berbahan halus. Kemudian digosokkan pada jaket kulit yang terkena noda sehingga jaket kulit akan mengilap kembali. Setelah itu, gantung jaket kulit di lemari terbuka atau di dalam ruangan ber-AC.

Sebelum digantung, beri plastik untuk membungkus jaket kulit dan gantungkan silikon gel khusus di dalam plastik tersebut sehingga tetap lembab dan tidak jamuran.

Sedangkan untuk jaket kulit sintetik, Anda dapat mencucinya sendiri, tetapi tidak dicuci dengan menggunakan mesin cuci karena serat jaket kulit sintetik akan pecah tergiling mesin cuci.

Cara mencucinya yaitu rendam jaket kulit sintetik selama 15 menit dan cuci dengan tangan. Untuk menjemurnya, hindari terkena sinar matahari langsung. Saat jaket kulit sintetik baru dibeli memang boleh menjemur langsung di bawah sinar matahari. Namun, bila sudah tiga kali dicuci, sebaiknya tidak terkena sinar matahari karena dapat membuat jaket kulit cepat rusak dan pudar warnanya.

Setelah jaket kulit kering, sebelum digantung di lemari, sebaiknya oleskan body lotion yang tidak berwarna dan tidak berbau supaya jaket kulit tetap lentur dan lembab.

Untuk menjaga jaket kulit tetap bagus, sebaiknya jaket kulit dilap dan dibersihkan supaya tetap berkilau. Untuk menjaga supaya warnanya tidak pudar, Andan dapa membawanya ke tempat reparasi jaket kulit.

Bila jaket kulit sudah mulai retak atau resletingnya sudah rusak, maka sebaiknya segera diperbaiki. Anda juga dapat menambahkan aplikasi seperti menempelkan kancing-kancing unik atau payet-payet yang indah sehingga jaket kulit terkesan seperti baru dan terlihat lebih bagus.

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

2 comments

Akhirnya menemukan cara terbaik untuk merawat jaket kulit yang benar. Terima kasih, admin..

Balas